MOST RECENT

|

Berselancar dengan Modem


Sumber: www.AnneAhira.com

Sekarang, sudah bukan hal yang langka lagi kalau banyak orang yang mengakses internet dengan modem. Dengan benda kecil praktis ini, orang bisa mengakses internet kapan dan dimana saja. Tapi meski sudah banyak orang yang memakainya, banyak juga yang belum terlalu paham, apa sebenarnya modem itu?

Definisi Modem

Modem berasal dari singkatan dua bagian system; Modulator dan DEModulator. Modulator adalah bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (carrier) dan siap dikirimkan. Sementara demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima, sehingga informasi itu bisa diterima dengan baik.

Modem adalah penggabungan keduanya. Artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya. Tapi modem pada umumnya lebih dikenal sebagai hardware atau perangkat keras yang sering dipakai untuk berkomunikasi pada komputer.

Cara kerjanya, data dari komputer yang berbentuk sinyal digital, diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. Lalu sinyal analog itu bisa dikirimkan lewat media telekomunikasi seperti telepon dan radio. Sesampainya di modem tujuan, sinyal analog itu diubah lagi menjadi sinyal digital dan dikirimkan ke komputer. Secara fisik, modem terbagi menjadi dua macam, yaitu modem eksternal (biasanya ditancapkan di komputer), dan modem internal (yang sudah terdapat dalam komputer).

Ragam dan Fasilitas Modem

Sesuai jenisnya, modem terdiri dari bermacam-macam bentuk. Misalnya modem 3gp, modem GSM, modem analog (yang mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital), modem kabel (yang menerima data langsung lewat TV kabel), modem CDMA, modem internal, modem eksternal, dan modem ADSL (Asymetric Digital Subscribe Line).

Modem teknologi ADSL memungkinkan anda memakai internet sekaligus menelepon di waktu yang sama. Untuk jenis ini, diberikan satu alat yang disebut Splitter atau pembagi line. Posisi Splitter ditempatkan di depan waktu line telepon masuk. Artinya anda tidak boleh mencabangkan line modem untuk ADSL dengan suara secara langsung. Alat Splitter berguna untuk menghilangkan gangguan ketika anda sedang memakai ADSL modem. Dengan Splitter, keduanya bisa dipakai bersamaan, sehingga anda bisa menjawab dan menelepon seseorang dengan telepon biasa. Di sisi lain, Anda tetap bisa terhubung dengan internet melalui ADSL modem.

Siaran langsung satelit, WiFi, dan ponsel, semuanya juga menggunakan modem untuk berkomunikasi, sama seperti alat komunikasi tanpa kabel lainnya. Modem yang biasa dipakai di dalam ponsel (misalnya GPRS, WiMax, dll) disebut dengan Modem Seluler. Modem Seluler juga bisa dipasangkan di dalam atau di luar laptop (sama seperti flash drive). Modem seluler yang terbaru dan tercepat (UMTS, HSPA, EVDO, WiMax) disebut juga broadband cellular modems. Harga pemakaiannya juga sangat berbeda di masing-masing negara.

Nah, ingin berinternet dengan aman dan nyaman, kapan dan dimana saja? Tidak ada salahnya Anda mulai menggunakan modem sekarang juga.

Posted by ngopy @ google on 7:32 AM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 comments for "Berselancar dengan Modem"

Leave a reply

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added