MOST RECENT

|

Komunikasi Cepat Dengan Email Yahoo

Sumber: www.AnneAhira.com

Di era komputer seperti sekarang ini, internet merupakan sarana komunikasi yang paling efektif. Salah satu bentuk layanan komunikasi yang ada di internet adalah email. Email merupakan singkatan dari electronic mail atau surat elektronik.


Dinamakan email karena dengan menggunakan fasilitas ini kita bisa mengirim ataupun menerima surat di internet. Tentu saja surat yang kita kirim atau kita terima adalah surat yang berbentuk file atau dokumen komputer. Bermacam-macam file bisa kita kirimkan melalui email. Misalnya saja file teks, file gambar, multimedia, program, ataupun foto.


Salah satu layanan email yang dapat digunakan secara gratis adalah email yahoo. Yahoo adalah salah satu penyedia layanan email gratis yang banyak dipakai orang. Kemudahan yang ditawarkan dalam menggunakan email ini menjadi salah satu penyebab banyaknya orang menggunakan email Yahoo.


Cara Menggunakan Email Yahoo


Dalam penggunaan email untuk berkirim ataupun menerima surat, terlebih dahulu kita harus mempunyai akun ataupun alamat email. Alamat email ini seperti alamat pos yang digunakan sebagai alamat ke mana atau dari mana surat elektronik itu dikirimkan.


Untuk mendapatkan alamat email ini, Anda harus mendaftar terlebih dahulu di situs www.yahoo.com dan mengisi data diri yang dibutuhkan oleh pihak yahoo. Di antara data itu adalah nama, tempat tanggal lahir, alamat, tanggal lahir, jenis kelamin, dan beberapa pertanyaan lainnya. Kita bisa mendapatkan alamat email sesuai dengan kemauan kita, asalkan alamat email tersebut belum digunakan oleh orang lain.


Jika kita bingung untuk membuat alamat email Anda, yahoo juga memberikan beberapa alamat email yang bisa dipilih. Alamat email Yahoo biasa dituliskan dengan diawali nama email Anda dan diakhiri dengan @yahoo.com. Misalnya saja, punggawabesar@yahoo.com. Setelah mengisi alamat email yang diinginkan, Anda harus mengisi password yang akan digunakan untuk masuk ke alamat email.


Password ini harus Anda jaga kerahasiaannya karena jika orang lain mengetahui password ini, orang tersebut bisa dengan mudah menggunakan email kita dan bisa menggunakan alamat email kita tersebut untuk hal yang tidak kita inginkan.


Setelah selesai mengikuti langkah-langkah yang telah ditetapkan oleh yahoo dalam membuat email, Anda akan mendapatkan ucapan selamat jika sudah berhasil mempunyai alamat email. Anda bisa masuk ke alamat email dengan mengetikkan nama email dan password yang sudah dibuat.


Selanjutnya Anda bisa menggunakan email yahoo secara gratis untuk berkomunikasi dengan teman ataupun untuk bekerja. Seperti halnya handphone, email juga mempunyai fasilitas untuk menyimpan alamat email orang lain. Hal ini akan memudahkan Anda dalam memasukkan alamat email yang ingin dituju.


Menambahkan File Attachment


Untuk menambahkan dokumen di email yang akan dikirim menggunakan email yahoo, ada fasilitas attach file yaitu fasilitas untuk menambahkan file yang ingin dikirim ke dalam email. Anda tinggal memilih file mana yang akan dikirim melalui email dan menunggu proses upload file selesai, Anda bisa langsung mengirimkan email yang berisi file tersebut ke alamat email yang ingin dituju.


Dalam satu kali pengiriman, email yahoo bisa digunakan untuk mengirim lebih dari satu alamat email. Jika ingin memberikan tembusan yang dikirim ke alamat email lain, Anda bisa memilih CC jika tembusan yang dikirim ke alamat email lain itu ingin dapat dilihat oleh semua penerima email. Jika tidak ingin tembusan yang dikirim ke alamat suatu email tidak ingin dilihat oleh semua penerima email, Anda bisa menggunakan fasilitas BCC.


Keuntungan Email Yahoo


Dengan adanya email yahoo ini, komunikasi bisa dilakukan dengan lebih mudah, murah, cepat, dan efisien. Walaupun gratis, email yahoo menawarkan banyak fasilitas dan kemampuannya tidak kalah dengan email berbayar. Apalagi kapasitas besar yang diberikan oleh email yahoo membuat email yang masuk ataupun kita kirim tetap bisa tersimpan dengan rapi dan dapat diambil sewaktu-waktu kita butuhkan.   

Posted by ngopy @ google on 7:32 AM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 comments for "Komunikasi Cepat Dengan Email Yahoo"

Leave a reply

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added