MOST RECENT

|

eBay, Pasar Raksasa Dunia Maya

Sumber: www.AnneAhira.com
Berbelanja melalui dunia maya sudah menjadi tren tersendiri saat ini. Konsumen tidak perlu keluar rumah, cukup menyalakan komputer dan memilih barang di situs belanja online. Kemajuan teknologi juga mendukung perkembangan cara belanja digital ini, cukup dengan menggunakan smartphone, belanja dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja.

 eBay, Pasar Maya 

eBay adalah pasar dunia maya global di mana pembeli dan penjual dari berbagai negara berkumpul. Pertama kali diluncurkan pada 1995, eBay hanya memperdagangkan barang-barang koleksi dan barang langka yang sulit ditemukan di pasar biasa. eBay kemudian berkembang menjadi pasar serbaada yang menjual apa saja, mulai dari pakaian dalam, barang elektronik, mobil, bahkan menawarkan dahi untuk dipasangi iklan.

Untuk melihat koleksi barang di eBay, Anda tidak perlu mendaftarkan diri sebagai anggota. Namun, jika Anda ingin membeli dan menjual barang di eBay, Anda harus mendaftarkan diri terlebih dulu. eBay akan berfungsi sebagai tempat lelang di mana penjual mendaftarkan barangnya untuk dijual dan calon pembeli menawar harga yang pantas untuk barang tersebut.

Pembeli biasanya tidak sendiri, ada pembeli lain yang akan menawar harga. eBay memberi batas waktu pelelangan barang. Ketika batas waktu terlampaui, pembeli yang mengajukan harga tertinggi akan menjadi pemenang lelang. eBay akan memberitahukan siapa pemenang lelang kepada penjual, ke mana barang harus dikirim, dan bagaimana pembeli harus membayar. eBay akan mendapatkan komisi sekian persen dari setiap transaksi yang berhasil.

Unggul karena Aplikasi

Saat ini, eBay menjadi pemimpin di bisnis mobile commerce, bisnis melalui smartphone. Jumlah konsumen yang berbelanja melalui smartphone terus meningkat sehingga eBay menjadi tempat bisnis mobile terunggul di Amerika. Penjualan tertinggi tahun ini pun terjadi melalui perangkat smartphone, yaitu transaksi Lamborghini Gallardo Spyder, sebuah mobil mewah seken dengan harga $139.000.

Salah satu penyebab unggulnya transaksi mobile eBay karena tersedianya aplikasi untuk konsumen. Aplikasi eBay Fashion misalnya, dapat menampilkan barang-barang  populer secara slideshow. Pemilik smartphone cukup menggerakkan jarinya di layar sentuh untuk melihat barang. Ada juga aplikasi yang memungkinkan konsumen mencoba pakaian dengan cara mengepaskan gambar pakaian pada aplikasi dengan bantuan kamera smartphone. Sekali klik, maka akan terlihat foto konsumen dengan pakaian yang ditawarkan.

Saat ini, eBay telah mengeluarkan 14 aplikasi yang membantu konsumen membeli, menjual, berlelang, dan berburu barang-barang murah. eBay berkeinginan mengeluarkan aplikasi baru untuk konsumen setiap 5 minggu sekali. Aplikasi tersebut bisa diperoleh pada app store dunia maya atau mengunduhnya di situs eBay.

Jaringan di Berbagai Negara

eBay yang didirikan oleh Pierre Omidyar terus mengembangkan usahanya dengan mendirikan situs lokal di berbagai negara dunia. Beberapa negara yang telah mempunyai situs eBay dengan bahasa dan barang lokal adalah Australia, Austria, Belanda, Belgia, Canada, China, Prancis, Jerman, Hong Kong, India, Indonesia, Irlandia, Italia, Malaysia, Philippina, Polandia, Singapura, Spanyol, Swedia, Switzerland, Taiwan, dan Inggris. 

Tahun 2009, eBay mempunyai 88 juta user di berbagai penjuru dunia dan hadir di 39 negara. Berbagai toko online seperti Amazon tidak mau kalah dan terus melakukan pembenahan untuk menjadi yang terdepan kembali. Di Indonesia sendiri, berbagai toko online terus bermunculan. Toko online tersebut siap bersaing dengan eBay Indonesia. Ke depan, bisnis online akan semakin ramai. Bukan tak mungkin Anda akan menjadi salah satu pebisnis online tersebut.

Posted by ngopy @ google on 9:02 AM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 comments for "eBay, Pasar Raksasa Dunia Maya"

Leave a reply

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added