MOST RECENT

|

Ipod, Pemutar Musik Portabel Masa Kini

Sumber: www.AnneAhira.com
Jika kita perhatikan, di tempat-tempat umum, tak sadar orang sedang manggut-manggut atau komat-kamit dengan irama yang teratur. Jangan salah sangka dulu, ia bukan sedang komat-kamit membaca mantra untuk membius orang lain di sekitarnya.

Kalau bukan sedang menelepon menggunakan handsfree, ia sedang mendengarkan musik dari pemutar musik portabel. Masa kini, pemutar musik portabel bentuknya sangat kecil, cukup untuk dimasukkan ke dalam kantong baju atau dijepitkan di kerah baju.

Dulu kita mengenal pemutar musik portabel bernama walkman, sekarang pemutar musik portabel sejenis dinamakan pemutar musik digital portabel atau mp3-player. Dari segi ukuran, keduanya jelas memiliki perbedaan signifikan.

Seperti kita ketahui, salah satu kegunaan walkman adalah sebagai pemutar kaset, sehingga ukurannya pun minimal disesuaikan dengan ukuran kaset standar yang digunakan sebagai perekam musik (analog). Sekarang, teknologi perekaman tidak lagi menggunakan kaset, tapi digunakan data-data digital yang disimpan dalam sebuah micro-chip.

Hingga akhirnya kita mendapati pemutar-pemutar musik portabel berukuran kecil dan tipis. Katakanlah paling besar kita akan menemukan jenis pemutar musik portabel ini berukuran 11 cm x 6 cm x 0,7 cm.

Beragam mp3-player dikeluarkan oleh berbagai merk raksasa elektronik, katakanlah Sony. Selain itu banyak pula produk rakitan yang kadang merupakan produk tiruan. Perusahaan raksasa komputer Apple, juga tidak ketinggalan mengeluarkan produk pemutar musik portabel sejenis mp3-player.

Produk keluaran Apple ini dinamakan dengan ipod. Dari bentuk dan warnanya, kita dapat membedakan ipod dari mp3-player yang dikeluarkan oleh perusahaan elektronik terkemuka lainnya.

Apakah Anda tertarik untuk memiliki ipod? Sebelum menentukan jenis ipod yang akan dimiliki, ada baiknya kita kenali jenis-jenis ipod berikut ini.

Jenis Ipod

Ipod memiliki beragam jenis, dapat dilihat jelas dari ukuran setiap jenisnya, mulai dari ukuran paling kecil seukuran penjepit dasi hingga berukuran 11 cm x 6 cm x 0,7 cm.  Setiap jenis ipod mempunyai ciri khas kegunaan (feature) masing-masing. Selain tentunya pemutar musik portabel sebagai feature utama.

Jenis-jenis ipod tersebut dapat kita ketahui sebagai berikut.

Ipod klasik

Produk ipod klasik memiliki dua warna, yaitu silver dan abu-abu dengan kapasitas penampung data sebesar 160 GB dan dilengkapi baterai lithium yang dapat diisi ulang. Lama pengisian baterai adalah 4 jam, dapat bertahan untuk 36 jam pemutaran audio atau 6 jam pemutaran video.

Pada bagian depan terdapat layar LCD dengan lebar diagonal 2,5 inci dan tombol-tombol pemutar operasional. Ukuran ipod klasik berkisar 10,35 cm x 6,18 cm x 1,05 cm.

Ipod klasik dapat digunakan sebagai:

  • pemutar musik,
  • pemutar video,
  • penyimpan data berbentuk foto; dan
  • penyimpan data lainnya dengan menggunakan kabel USB hard-drive yang disertakan dalam setiap paketnya.

Ipod touch

Ipod touch tidak jauh berbeda dengan ipod klasik dari segi ukuran dan kegunaan. Hanya saja pada ipod touch digunakan layar sentuh untuk operasionalnya. Ukuran ipod touch generasi terbaru berkisar 11,1 cm x 5,89 cm x 0,72 cm.

Dilengkapi layar sentuh berukuran diagonal 3,5 inci dan beragam kapasitas penyimpan data, yaitu 8 GB, 32 GB, atau 64 GB. Selain itu, ipod touch dilengkapi juga dengan fasilitas radio FM, bluetooth, dan WiFi.

Keunggulan lainnya, pada ipod touch generasi terbaru terdapat sensor pengenal retina dan wajah pemiliknya. Ipod touch hanya mimiliki satu variasi warna, bagian layar dibingkai warna hitam, sedangkan bagian belakangnya berwarna silver.

Ipod nano

Ipod nano memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan ipod klasik ataupun ipod touch. Jenis ipod nano generasi terbaru memiliki variasi warna kromatis yang terdiri atas kuning, biru, merah, merah muda, hijau, abu-abu, dan silver.

Produk ipod nano yang dilempar ke pasaran sudah mencapai enam generasi. Jenis ipod nano generasi keenam memiliki ukuran setengahnya dari ipod nano generasi-generasi sebelumnya. Feature yang ditampilkannya pun lebih sederhana.

Hanya saja pada ipod nano generasi keenam ini terdapat fasilitas layar sentuh yang berukuran diagonal 1,54 inci dan bagian belakangnya terdapat klip penjepit clip-on. Ukurannya hanya sekitar 3,75 cm x 4,9 cm x 0,878 cm, serta terdapat dua pilihan kapasitas penyimpan data, yaitu 8 GB dan 16 GB.  

Ipod shuffle

Ipod shuffle yang berada di pasaran sudah mencapai generasi keempat. Ipod shuffle merupakan jenis yang berukuran paling kecil dengan fasilitas paling sederhana. Pada ipod shuffle tidak terdapat layar, pengisian baterai dilakukan menggunakan kabel USB hard-drive pada PC atau laptop.

Pada generasi terbaru, ukurannya lebih besar daripada generasi sebelumnya, yaitu 2,9 cm x 3,16 cm x 0,87 cm. Selain itu, hanya tersedia dengan kapasitas penyimpanan data sebesar 2 GB.

Kisaran Harga

Sesuai dengan spesifikasinya, ipod klasik dan ipod touch memiliki kisaran harga paling tinggi, yaitu mulai dari $229 . Sedangkan ipod nano dipatok dengan kisaran harga mulai dari $149 dan ipod shuffle dipatok dengan harga $49.

Tentunya kita dapat mengira-ngira harga di pasaran Indonesia setelah dikonversikan kepada kurs mata uang yang berlaku saat ini. Disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki, sudahkah Anda tentukan jenis ipod apa yang akan dibeli?

Posted by ngopy @ google on 9:04 AM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 comments for "Ipod, Pemutar Musik Portabel Masa Kini"

Leave a reply

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added