MOST RECENT

|

Mengatasi Jerawat Dengan Obat Tradisional

Sumber: www.AnneAhira.com

Jerawat bukan hanya permasalahan yang dialami oleh remaja, namun juga orang dewasa yang memiliki kulit berminyak ataupun cenderung berminyak. Kondisi kulit yang berpori – pori besar akan menyebabkan terjadinya penyumbatan oleh debu dan menyebabkan kelenjar minyak tidak dapat keluar dengan sempurna. Hal inilah yang menyebabkan timbulnya jerawat.


Menangani kulit yang berjerawat, dapat dilakukan dengan tindakan medis maupun upaya tradisional. Beberapa orang mengatakan bahwa jerawat tidak hanya terjadi karena faktor usia dan kondisi kulit saja, namun juga makanan yang dikonsumsi. Beberapa orang yang rentan akan timbulnya jerawat sebaiknya menghindari jenis – jenis makanan tertentu seperti kacang, susu, coklat dan keju.


Beberapa buah dan sayuran juga dapat memicu timbulnya jerawat, yaitu mangga dan kecambah. Kecambah mengandung vitamin E yang mampu meningkatkan pembentukan kolagen di jaringan kulit dan memberikan kelembaban bagi kulit, namun bagi kulit yang cenderung berminyak, sebaiknya membatasi konsumsi makanan yang mengandung vitamin E.


Berdasarkan resep leluhur yang juga menjadi rahasia kecantikan putri keraton, kunyit serta asam dipercaya mampu memperbaiki kondisi kesehatan kulit dan menghaluskan kulit, sekaligus membunuh bakteri penyebab jerawat yaitu P. Acnes. Secara empiris hal ini juga diteliti oleh ahli farmasi dan terbukti bahwa kunyit dan asam mampu menetralisir berkembang biaknya bakteri sekaligus mengontrol produksi kelenjar minyak di kulit.


Curcuminoid yang terkandung dalam kunyit akan berperan sebagai antioksidan alami yang akan memperbaiki metabolism dan jaringan – jaringan dalam tubuh, termasuk kulit.


Kunyit dan asam dapat secara mudah dikonsumsi dalam bentuk minuman kunyit asam. Saat ini sudah banyak produk minuman kunyit asam instan yang dijual bebas di pasaran. Ini bisa menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang kesulitan untuk mendapatkan jamu kunyit asam segar yang langsung dibuat dan dipasarkan oleh penjual jamu.


Bagi Anda yang tinggal di daerah Jawa Tengah, tentu masih mudah menemukan penjual jamu gendong ataupun bersepeda yang berkeliling menawarkan jamu segar buatannya. Namun bagi Anda yang kesulitan mendapatkan jamu tradisional tersebut, jamu instan yang dijual di supermarket bisa menjadi pilihan.


Perawatan kulit berjerawat tidak hanya dilakukan dengan mengkonsumsi jamu kunyit asam, namun juga dengan menggunakan obat tradisional yang dapat mengobati jerawat. Mengoleskan kunyit yang telah ditumbuk akan merupakan salah satu caranya. Kunyit yang sudah dicuci bersih, kemudian ditumbuk. Tumbukan ini selanjutnya dioleskan di bagian yang berjerawat dan didiamkan semalam hingga pagi dibersihkan.


Cara ini cukup efektif, namun tidak semua orang menyukainya. Hal ini dikarenakan, pemakaian kunyit tumbuk akan menimbulkan bekas berwarna kuning di kulit yang baru akan hilang setelah beberapa hari. Tentu ini akan cukup mengganggu penampilan.


Sebagai alternatif, dapat digunakan daun sirih yang ditumbuk. Daun sirih merupakan antiseptik alami yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi beberapa penyakit. Kandungan antiseptik alami dalam daun sirih juga mampu mengeringkan jerawat. Caranya cukup mudah, tumbuk daun sirih hingga halus dan oleskan ke bagian berjerawat sesering mungkin, terutama malam sebelum tidur.


Sebagai tambahan, Anda juga dapat membuat air rebusan daun sirih yang dioleskan ke wajah seperti pemakaian penyegar wajah, sebelum berdandan. Air rebusan daun sirih ini dapat Anda simpan dalam wadah tertutup dan disimpan di dalam kulkas atau lemari pendingin.


Jika Anda tidak memiliki lemari pendingin, air rebusan daun sirih ini dapat Anda simpan maksimal selama tiga hari. Setelah itu, Anda harus membuat lagi air rebusan daun sirih yang baru. Setiap malam sebelum tidur, Anda juga dianjurkan meminum setengah gelas air rebusan daun sirih agar proses pengobatan jerawat berlangsung dari dua arah, yaitu dalam dan luar.


Dengan pemakaian yang rutin dan benar, secara nyata, jerawat akan berangsur – angsur mengering dan hilang. Teruskan pemakaian hingga jerawat dan bekasnya hilang.

Posted by ngopy @ google on 8:40 AM. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 comments for "Mengatasi Jerawat Dengan Obat Tradisional"

Leave a reply

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added