MOST RECENT

|

Memilih Obat Jerawat Yang Tepat

Sumber: www.AnneAhira.com

Saat ini, banyak sekali pilihan obat jerawat yang justru malah membuat pembeli menjadi bingung. Apalagi jika Anda sudah mencoba beberapa jenis dan merk namun tidak mendapatkan hasil sama sekali. Lebih buruk lagi, justru jika obat jerawat yang Anda gunakan tidak cocok dan malah membuat jerawat Anda semakin parah. Jangan sampai hal itu terjadi. Karena efek dari jerawat itu sendiri tidak hanya pada kesehatan kulit namun juga krisis pede.


Makin banyaknya jerawat yang tumbuh di wajah atau tubuh Anda, pastinya disebabkan oleh banyak hal. Karena itulah Anda tidak bisa seenaknya memilih obat jerawat tertentu secara asal. Bisa-bisa malah wajah Anda semakin rusak. Anda perlu mengenali penyebab terjadinya jerawat pada wajah Anda, sehingga Anda tidak hanya bisa mengobatinya, tapi mencegahnya datang kembali.


Beberapa obat jerawat yang sering beredar di pasaran dapat berupa lotion, cream, salep, jeli, ataupun sabun. Pilih yang sesuai dengan kondisi kulit Anda. Semisal Anda memiliki tipikal kulit kering namun berjerawat, jangan terlalu sering memakai sabun karena akan membuat kulit Anda semakin kering. Sabun jerawat biasanya mengandung asam salisilat dan vitamin untuk menyembuhkan peradangan dan memelihara kulit dari bakteri.


Anda dapat menggunakan obat jerawat dalam bentuk lotion yang bening agar dapat ditumpuk dengan moisturizer dan bedak tabur saat akan keluar rumah sehari-hari. Kandungan lotion dapat berupa vitamin, zink, dan zat anti bakteri.


Kelebihan obar jerawat dalam bentuk lotion ini adalah kemampuannya menembus jauh ke dalam kulit melalui folikel rambut dan menyembuhkan peradangan. Obat jerawat dalam bentuk cream memiliki kandungan dan fungsi yang sama dengan lotion, namun kelemahannya adalah dapat menyumbat pori-pori. Pilihan dalam bentuk salep bisa Anda gunakan sebagai ganti cream.


Selain bentuk obat jerawat, Anda pun perlu mengetahui kandungan yang ada di dalamnya. Selain vitamin dan zink yang ada dalam kandungan lotion jerawat, ada benzoil peroksida yang berfungsi sebagai anti bakteri. Benzoil peroksida akan membantu membersihkan bakteri di permukaan kulit. Namun perlu hati-hati dalam penggunaan karena jika terlalu banyak dapat mengeringkan kulit Anda.


Lalu asam salisilat yang berfungsi untuk membantu mengelupaskan kulit. Hati-hati pula kandungan ini dapat mengakibatkan kulit kering. Gunakan bahan yang mengandung asam salisilat hanya pada daerah yang diperlukan, tidak seluruh wajah. Resorsinol juga salah satu kandungan yang biasa ada di obat jerawat yang berfungsi sebagai anti jamur.


Selain obat luar, Anda pun dapat menambahkan obat-obatan lain yang berfungsi untuk menghilangkan jerawat. Jika sebelumnya Anda sudah mengetahui jenis-jenis obat luar yang dapat dipakai langsung pada jerawat, kini adalah jenis obat jerawat yang dapat Anda minum. Jika jerawat Anda sudah cukup parah dan disebabkan oleh staphylococcus atau bakteri lain, dokter Anda mungkin akan memberi resep antibiotik yang dapat membunuh bakteri dari dalam.


Selain itu, Anda juga membutuhkan supply vitamn yang cukup agar kondisi tubuh tetap vit dan bakteri tidak menyerang. Karena itu, minumlah supplemen vitamin secara teratur. Ada juga obat jerawat yang berfungsi untuk mengontrol produksi sebum. Obat-obatan yang Anda minum ini merupakan kategori pengobatan dari dalam yang membunuh jerawat dari akarnya.


Obat-obatan yang Anda gunakan dan konsumsi hanya berfungsi untuk mengobati dan menyembuhkan sementara. Agar jerawat tidak kembali lagi menyerang Anda, mulailah menjalani pola hidup sehat. Selalu mandi minimal dua kali sehari dan jangan terlambat.


Hindari makan-makanan yang mengandung minyak, lemak, dan santan karena akan memproduksi banyak sebum yang mengakibatkan jerawat. Olahraga teratur agar kotoran keluar bersama keringat. Dengan pola hidup sehat, jerawat akan lebih mudah dihilangkan. Untuk perawatan wajah lebih lanjut, konsultasikan kondisi kulit Anda dengan dokter.

Posted by ngopy @ google on 8:24 AM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 comments for "Memilih Obat Jerawat Yang Tepat"

Leave a reply

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added