MOST RECENT

|

Muse, The Rock Alternatif Superstar

Sumber: www.AnneAhira.com

Untuk anda yang sudah menonton film Twilight, pasti terkesan dengan adegan permainan baseball keren yang dimainkan para vampir.

Dan adegan itu tidak mungkin sebagus itu, kalau tidak dihiasi ilustrasi musik rock alternative yang segar dan menghentak. Ya, waktu itu pengisi soundtracknya adalah Muse, yang membawakan salah satu hitsnya, Supermasive Black Hole.

Tentang Muse

Muse adalah grup musik rock alternative asal Inggris. Band ini dibentuk di Devon, Inggris, pada tahun 1994. Sampai sekarang band ini beranggotakan 3 orang. Mereka Matthew Belamy (vokal, gitar, dan piano), Dominic Howard (drum), dan Chris Wolstenholme (bass).

Selain 3 personil inti, mereka juga sering memakai additional player atau pemain tambahan. Mereka adalah Morgan Nicholls (keyboard, backing vokal, bass), juga Dan Newell (terompet).

Musik Muse sangat unik karena memadukan beberapa aliran musik seperti rock, rock progressif, musik klasik, dan elektronika. Setiap konser livenya juga memukau fanskarena selalu memakai efek visual yang luar biasa dan enerjik.

Sampai sekarang, Muse sudah menghasilkan 5 album. Album pertama diberi judulShowbiz, dirilis tahun 1999, dilanjutkan dengan Origin of Symmetry di tahun 2001,Absolution di tahun 2003, Black Holes and Revelations dirilis tahun 2006, dan terakhir tahun 2009, mereka merilis The Resistance.

Sepanjang karirnya, Muse sudah memenangkan banyak penghargaan. Termasuk 5 MTV Europe Music Awards, 2 Brit Awards, dan masih banyak lagi.

Perjalanan Karir

Seperti kebanyakan band terkenal, awalnya Muse hanya bermain di klub-klub kecil. Mereka waktu itu bermain di Cavern Club di Exeter, Inggris. Sesudah beberapa tahun membangun komunitas penggemar, Muse mulai memainkan konser-konser kecil mereka di London dan Manchester. Band ini lalu bertemu Dennis Smith, pemilik perusahaan rekaman Sawmills di Cornwall, Inggris.

Pertemuan ini akhirnya dilanjutkan dengan rekaman indie pertama Muse, berjudulDangerous. Tidak lama, penampilan mereka mendapat perhatian dari pers musik Inggris yang berpengaruh, Steve Lamacq, dan majalah musik mingguan Inggris, NME.

Meski album indie mereka cukup sukses, rupanya banyak perusahaan rekaman Inggris yang belum mau memproduseri Muse. Yang terjadi justru perusahaan rekaman Amerika Serikat Maverick yang mempromosikan Muse untuk tampil beberapa kali di Amerika Serikat.

Sampai akhirnya mengontrak mereka pada tanggal 24 Desember 1998. John Leckie, yang menjadi produser album untuk banyak band terkenal, memproduseri album pertama Muse, Showbiz..

Kesuksesan pun mulai diraih. Mereka mulai jadi band pembuka untuk band terkenalFoo Fighters dan Red Hot Chilli Peppers. Di tahun 1999 dan 2000, Muse bermain pada beberapa festival musik di Eropa dan Australia, dan mengumpulkan banyak fans baru.

Eksperimen Musik

Di album ke-2 Origin of Symmetry, Muse bereksperimen dengan alat musik yang tidak biasa, seperti organ gereja, Mellotron, dan beberapa drum tambahan. Rasanya memang aneh mendengar musik mereka karena juga bercampur dengan musik klasik ala Rachmaninoff dan Tchaikovsky.

Album ini berpotensi membuat Muse semakin terkenal di Amerika Serikat, tapi Maverick tidak setuju menganggap gaya vokal Bellamy tidak cocok, dan meminta mereka mengubah beberapa lagu mereka sebelum dirilis di Amerika Serikat.

Muse menolak permintaan ini dan meninggalkan perusahaan rekaman Maverick, yang membuat tidak dirilisnya Origin of Symmetry ini di Amerika . Album ini akhirnya dirilis tanggal 20 September 2005 di bawah naungan label Warner Music.

Pada Februari 2006, album Origin of Symmetry berhasil menempati peringkat ke-74 daftar 100 album terbaik sepanjang masa, menurut penggemar versi majalah Q magazine.

Sekarang, Muse sudah menjadi band papan atas dunia yang konsisten di jalur rock-alternative. Tapi jangan khawatir kalau anda penggemar musik klasik atau musik eksperimental elektronik. Anda tetap bisa menikmati mereka.

Posted by ngopy @ google on 7:26 AM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 comments for "Muse, The Rock Alternatif Superstar"

Leave a reply

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added