MOST RECENT

|

Cara Praktis Mengakses Radio Online

Sumber: www.AnneAhira.com

Orang Jawa pernah bilang, semua ada jatah rejekinya masing-masing. Tidak terkecuali dengan radio. Lho, apa hubungannya?

Karena meski banyak orang bilang kalau riwayat radio sudah tamat karena kalah bersaing dengan TV, telepon, apalagi Internet, nyatanya masih banyak stasiun radio yang masih bersiaran sampai sekarang. Bahkan banyak handphone keluaran terbaru yang memasang fitur FM Radio dan mempromosikannya sebagai fitur unggulan.

Untuk Anda yang terbiasa memakai modem atau WiFi waktu berinternet, tentu Anda sudah bisa dengan mudah mendengarkan radio online di mana saja.

Tidak seperti radio konvensional yang terbatas jangkauan pemancarnya (biasanya gelombang radio FM hanya bisa didengar di kota tempatnya berada saja), radio online tidak terbatas jangkauannya. Lewat fasilitas streaming, saat ini Anda bahkan bisa mendengar radio lokal di Inggris atau Amerika Serikat.

Cara Mendengarkan Radio Online

Untuk Anda yang ingin mendengarkan Radio Online lewat internet, Anda harus menyiapkan tools yang dibutuhkan terlebih dulu. Pertama, anda wajib memiliki software pendukung Radio online. Biasanya, software yang wajib Anda miliki untuk mendengarkan radio online, seperti Real Player, Windows Media Player, atau Winamp.

Untuk browser, Anda bisa memakai Internet Explorer atau Mozilla Firefox. Masing-masing radio online punya persyaratan spesifikasi software yang berbeda. Untuk mendengarkan radio online, ada radio station yang mensyaratkan Real Player, tapi ada juga yang cuma butuh browser dan Windows Media Player.

Supaya semua bisa diakses dan anda tidak bingung, install saja kedua software itu. Sudah? iya.Tinggal buka laman radio online yang ingin anda dengarkan dan nikmati.

Dengan browser sederhana seperti itu saja, anda bisa dengan mudah mendengarkan radio online. Untuk praktik, misalnya coba saja buka radio online Suara Surabaya di laman www. Suarasurabaya.net. Nanti di pojok kanan atas ada ikon pilihan yang bisa anda pilih.

Ada radio online, radio on demand, dan video streaming (dengan mengakses ini, anda juga bisa melihat langsung studio sekaligus wajah penyiarnya). Untuk radio online ini, anda harus menginstall Windows Media Player di komputer Anda. Cukup anda tekan tombol play saja untuk mendengarkan siaran mereka. Mudah bukan?

Jauh di Mata, Ciamik di Telinga

Meski berbeda negara atau bahkan benua, anda masih bisa mendengarkan siaran radio dengan jernih. Kalau Anda mendapati streaming yang tidak lancar dan putus-putus, kemungkinan karena pengakses radio online waktu itu sedang tinggi, atau mungkin karena anda sedang mengakses dengan memanfaatkan bandwith non-lokal.

Sementara itu, streaming Radio Online dengan Winamp 5+ yaitu SHOUTcast Radio adalah salah satu fitur terfavorit para music lover dunia. Cara pemakaiannya juga mudah, dan kualitas audionya bagus. Caranya cukup dengan mengakses menu Online Services >> SHOUTcast Radio.

Lalu genre stasiun radio akan ditampilkan dalam angka 0-9 atau abjad A-Z. Untuk mendengarkan stasiun radio Indonesia, pilih huruf I dan pilih kata Indonesia. Pilih salah satu daftar stasiun radio yang ada, lalu klik TUNE IN!. Maka radio kesayangan anda itu sudah bisa anda dengar dengan baik

Yuk, ramai-ramai mendengarkan radio online!

Posted by ngopy @ google on 7:28 AM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 comments for "Cara Praktis Mengakses Radio Online"

Leave a reply

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added