MOST RECENT

|

Kiat-Kiat Untuk Liburan Yang Aman

Sumber: www.AnneAhira.com

Liburan telah datang. Tentu Anda sudah mempersiapkan dengan baik kemana tujuan yang menjadi tempat Anda akan bersenang-senang. Rencana-rencana sudah disiapkan agar hari bebas itu menjadi momen yang indah dan berkesan.


Hari libur yang sangat bermanfaat agar otak Anda lebih fresh saat nanti kembali ke rutinitas. Selama menikmati liburan, tentu Anda jangan lengah agar tidak terjadi hal-hal yang tidak Anda inginkan saat perjalanan. Berikut adalah kiat-kiat agar Anda dapat menikmati liburan yang aman.


1. Kendaraan


Hal yang paling patut Anda ingat mengenai keamanan saat berlibur adalah kendaraan yang Anda gunakan. Jika Anda menggunakan mobil pribadi, wajib hukumnya untuk mengecek 'kesehatan' mobil Anda tersebut. Kondisi mesin, ban, karburator, bensin, dan sebagainya. Simpan juga alat-alat mekanik standar yang dapat Anda gunakan jika mobil Anda butuh pengecekan ulang saat dalam perjalanan.


Jika Anda menggunakan kereta api atau bus umum, jangan lupa untuk selalu menjaga barang bawaan Anda. Ketika menggunakan pesawat, tandai tas Anda dengan sesuatu yang mencolok dan unik agar mudah dikenali saat pengambilan travel bag. Hal ini untuk mengantisipasi puncak liburan yang pasti dipenuhi banyak orang.


2. Makanan


Anda yang paling mengetahui kondisi tubuh Anda sendiri. Ketika Anda berlibur ke tempat yang baru pertama kali Anda kunjungi, rajin-rajinlah bertanya setiap Anda selesai makan. Jangan sampai Anda memakan makanan yang mengandung bahan-bahan yang membuat alergi kambuh.


Tentu Anda tidak ingin liburan indah menjadi mimpi buruk hanya karena alergi yang kambuh. Anda harus teliti mana makanan yang bisa Anda makan atau tidak. Bagi yang muslim mungkin akan menghindari daging babi dan anjing. Sehingga Anda harus aktif bertanya tentang makanan yang Anda pesan.


3. Ransel dan Travel Bag


Liburan ke tempat yang jauh dari rumah Anda pasti akan membutuhkan travel bag dan ransel. Pilih travel bag dan ransel yang kuat dan muat untuk menampung seluruh barang bawaan Anda. Kalau perlu, sisakan ruang untuk diisi oleh-oleh.


Travel bag dan ransel yang kuat sangat berguna agar tidak mudah jebol saat perjalanan. Lalu, simpan barang-barang penting seperti uang, perhiasan, kartu identitas dalam ransel yang selalu menempel pada tubuh Anda. Sehingga Anda dapat mengontrolnya selalu.


Simpan juga uang dan fotokopi kartu identitas dalam travel bag Anda, sehingga ketika Anda kehilangan salah satunya (semoga tidak terjadi), Anda masih memiliki cadangan uang dan gampang untuk melapor polisi untuk berita kehilangan.


Untuk menyimpan barang elektronik penting seperti handphone dan kamera, simpan semua barang tersebut pada tempat yang anti air lalu masukan ke dalam ransel.


4. Obat-obatan


Penting bagi Anda untuk membawa obat-obatan pribadi. Apalagi yang memiliki alergi tertentu dan sulit mencari obatnya. Sebelumnya, Anda dapat berkonsultasi pada dokter pribadi mengenai kondisi tubuh Anda apakah memadai untuk melakukan perjalanan liburan. Bawalah obat-obatan standar yang dapat sejenak meredakan rasa sakit sebelum Anda diharuskan pergi ke dokter terdekat.


5. Daftar nomor telepon.


Buatlah daftar nomor telepon penting yang dapat Anda hubungi jika terjadi sesuatu pada diri Anda. Tulis atau ketik pada sehelai kertas dan masukkan ke dalam saku atau dompet atau agenda yang tidak pernah lepas dari diri Anda. Simpan di tempat yang aman dan Anda mudah menemukan. Sehingga jika terjadi hal darurat, Anda dapat langsung berkomunikasi secepat mungkin dengan cara yang paling memungkinkan.


6. Rumah aman.


Jika Anda liburan dan meninggalkan rumah untuk jangka waktu cukup lama, periksa seluruh rumah sebelum Anda berangkat. Matikan gas dan listrik yang kira-kira tidak perlu demi menghindari bahaya. Lapor pada satpam setempat agar rumah Anda tetap dijaga dan tidak menjadi incaran pencuri.

Posted by ngopy @ google on 8:14 AM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 comments for "Kiat-Kiat Untuk Liburan Yang Aman"

Leave a reply

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added