MOST RECENT

|

Memilih Tempat Liburan Keluarga : Kemana Kita Hari Ini?

Sumber: www.AnneAhira.com

Hal yang selalu ditunggu oleh hampir setiap orang: liburan, merupakan suatu kegiatan yang ternyata memiliki efek positif luar biasa jika bisa dimanfaatkan dengan baik. Masa liburan sekolah seperti sekarang ini merupakan momen yang tepat untuk merancang sebuah perjalanan bersama keluarga. Anak-anak mempunyai waktu luang dan kesempatan yang lebih banyak untuk dihabiskan dan dinikmati bersama ayah dan ibu atau dengan anggota keluarga yang lainnya.


Ayah dan ibu juga otomatis memiliki waktu untuk refreshing dari kegiatan mereka sehari-hari. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari liburan seperti meningkatkan kebersamaan antar anggota keluarga, penyegaran dari rutinitas sehari-hari, menambah semangat, menambah wawasan, dan lain sebagainya. Manfaat-manfaat ini akan dicapai apabila liburan sudah direncanakan dengan baik, dengan tujuan yang jelas, dan tentu saja dengan semangat.


Banyak tempat-tempat yang bisa menjadi pilihan tempat menghabiskan waktu liburan. Pemilihan tempat merupakan suatu hal yang krusial untuk berlibur karena hasil yang didapat dari liburan akan sedikit banyak tergantung dari tempat apa yang dikunjungi.


Terkadang karena terlalu banyaknya pilihan tempat yang tersedia, kita justru kebingungan mencari tempat yang pas untuk berlibur. Untuk itu diperlukan beberapa hal yang akan mempermudah dalam memilih tempat liburan. Yang pertama adalah menentukan tema atau tujuan dari liburan yang akan dilaksanakan.


Jika liburan kali ini sudah disepakati sebagai liburan yang akan menambah wawasan tentang makanan daerah, berwisata kuliner akan menjadi liburan yang mengasyikkan. Dengan memiliki tema wisata kuliner, kita bisa menentukan tempat-tempat yang menyajikan dan menjajakan sajian khas di suatu daerah.


Jika liburan kali ini dikhususkan agar anggota keluarga bisa bersenang-senang sembari mempelajari alam, trekking atau pendakian gunung yang tidak terlalu ekstrim adalah pilihan yang tepat.


Selain memiliki kesempatan untuk menikmati indahnya ciptaan Tuhan melalui indahnya alam, anggota keluarga juga bisa mempelajari lingkungan alam disekitarnya. Selain itu, liburan yang memerlukan banyak aktivitas fisik juga merupakan bentuk refreshing dan olahraga yang menyenangkan dan menyehatkan.


Tur ke museum-museum juga merupakan ide yang cemerlang untuk mengenalkan anggota keluarga terutama anak-anak terhadap benda-benda bersejarah atau benda-benda berharga lainnya. Tidak hanya bersenang-senang, mereka pasti akan mempelajari banyak hal baru di museum yang tidak selalu dapat ditemui di tempat lain.


Kalau berbelanja adalah tema kali ini, mengunjungi pasar tradisional bisa merupakan pilihan unik yang memberikan sentuhan berbeda dalam agenda liburan. Memperkenalkan anggota terhadap aktivitas jual beli, mereka akan melihat bentuk ‘real’ perdagangan dan mungkin akan mencetuskan ide-ide brilian di masa yang akan datang.


Pemilihan tempat liburan tidak harus merupakan tempat yang mewah atau tempat yang sudah pada umumnya dikunjungi orang. Penyempitan tema yang dilakukan di atas merupakan langkah awal untuk menentukan kegiatan unik apa yang dapat dilakukan untuk mengisi liburan.


Apabila lokasi kita memang berjauhan dengan tempat rekreasi dan ingin menghemat biaya, kita bisa menggunakan lingkungan sekitar sebagai tempat rekreasi yang menyenangkan selama kita mempunyai tujuan dan kreatif menciptakan kegiatan serta suasana liburan yang beda dari biasanya. Misal saja kita bisa menggunakan dapur sebagai sarana belajar sekaligus liburan dengan mengangkat tema ‘belajar memasak bersama’.


Setiap anggota keluarga, sebagai contoh, memiliki satu hari khusus untuk memasak apapun yang diinginkan. Dengan begitu semua orang akan bereksperimen dan menjadikan dapur sebagai tempat meluangkan waktu liburan yang menyenangkan. Jika tidak semua orang suka memasak, halaman depan maupun belakang rumah juga bisa menjadi tempat liburan yang menarik.


Kita bisa mendirikan sebuah tenda dan bermalam di dalamnya. Kita juga bisa mengadakan pesta kebun dengan mengundang saudara atau tetangga. Kita juga bisa menciptakan berbagai macam permainan yang akan meramaikan pesta kebun tersebut. Semua tempat bisa menjadi tempat yang menyenangkan untuk berlibur. Semua tergantung kepada tujuan apa yang kita miliki dan bagaimana kita menciptakan liburan kita di setiap tempat yang kita singgahi dan kita pilih.

Posted by ngopy @ google on 8:17 AM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 comments for "Memilih Tempat Liburan Keluarga : Kemana Kita Hari Ini?"

Leave a reply

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added