MOST RECENT

|

Sejarah Perkembangan Teknologi Komputer

Sumber: www.AnneAhira.com

Nama aslinya Augusta Ada Byron, buah pernikahan pujangga terkenal Lord Byron dan Anne Isabelle Milbanke. Lahir pada tanggal 10 Desember 1815. Pernikahan orang tuanya berakhir beberapa bulan setelah Ada lahir. Ada tidak pernah mengenal ayahnya karena empat bulan kemudian ayahnya meninggalkan Inggris dan meninggal di Yunani tahun 1823.


Anne tidak ingin Ada mengikuti jejak ayahnya sebagai pujangga. Itulah sebabnya Ada diberikan pelajaran matematika dan musik dengan disiplin ketat agar kecenderungannya berpuisi berkurang. Dari pelajaran yang ketat itu, Ada berhasil merancang mesin terbang berdasarkan perhitungan cermat.


Pertemuan dengan Babbage


Saat usianya menginjak 17 tahun, Ada dan ibunya pindah ke kawasan elit London. Di sana mereka bertemu para ahli botani, geologi, astronomi, matematika dan, ahli ilmu pengetahuan lainnya. Dengan makin kuatnya lingkungan pendidikannya, Ada makin berkembang.


Di London dia bertemu dengan Charles Babbage, seorang profesor matematika Lucasian di Universitas Cambridge. Pertemuan itu menjadi awal dimulainya diskusi mengenai mesin diferensial dan mesin analisis. Babbage sangat terkesan dengan kepandaiannya.


Pada 1834, Babbage memiliki gagasan untuk membuat mesin hitung jenis baru. Tapi, dia kesulitan memperoleh sponsor karena mesin hitung pertamanya tidak selesai sehingga banyak orang tidak percaya.


Proyek barunya ini memperoleh simpati dari seorang ahli matematika Italia, Louis Menebrea, yang mempublikasikan tulisan mengenai mesin analisis. Sejak itulah Ada dan Babbage bekerja keras menerjemahkan memoar Luigi Menebrea. Selain itu, juga Ada menambahkan catatan pada metode kalkulasi Bernoulli. Dan hasilnya berupa program untuk mesin hitung Babbage. Hingga kini Ada dikenal sebagai programmer pertama di dunia.


Ada menikahi William King pada tahun 1835. Ketika King memperoleh gelar Earl, Ada juga mendapatkan gelar Countess of Lovelace. Sejak itu dia dikenal sebagai Ada Lovelace.


Ada juga menuliskan mengenai pengembangan teknologi komputer, hanya saja tidak selesai karena kanker menggerogoti tubuhnya. Ada meninggal pada usia 37 tahun tanggal 27 November 1852 meninggalkan tiga anak dan kontribusinya dalam dunia pemrograman.


Penghargaan untuk Ada


Isu gender membuatnya kalah populer dari Babbage. Saat itu memang pria dikenal sebagai mahluk yang lebih berwibawa. Penemuan oleh perempuan tidak dipublikasikan secara besar-besaran. Selain itu, usianya yang pendek membuat sejumlah pekerjaannya tidak selesai.


Seabad setelah kematiannya, catatannya mengenai komputer dan software dalam surat-menyuratnya dengan Babbage dipublikasikan. Untuk menghormatinya, pada 1980 Departemen Pertahanan Amerika Serikat menamai bahasa pemrogramannya ‘Ada’. Tanggal 24 maret diperingati sebagai Ada Lovelace.

Posted by ngopy @ google on 8:11 AM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 comments for "Sejarah Perkembangan Teknologi Komputer"

Leave a reply

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added